Jumat, 26 Agustus 2016

Mengenal Jurusan Psikologi




Hello.. ketemu lagi dengan Sa, kali ini Sa mau posting tentang jurusan Sa nih. Jurusan Psikologi. Semua orang pasti sudah sering dengar nama Psikologi, tapi di kebanyakan benak orang masuk jurusan Psikologi itu berarti ‘bisa baca pikiran orang’, dan itu SALAH BESAR.
Psikologi adalah ilmu terapan yang membahas mengenai karakter seseorang, dan bukannya ilmu perdukunan dan sejenisnya.
Di postingan Sa kali ini akan membahas secara singkat mengenai dunia Psikologi, mari kita mempelajari bersama mengenai Psikologi. Agar tidak ada kesalah pahaman di antara kita.
Pengertian sebenarnya psikologi merupakan suatu disiplin ilmu yang mengenai penelitian ataupun pengamatan tentang perilaku mental seseorang. Psikologi sendiri berasal dari bahasa Latin Psychologiayang berarti ilmu tentang jiwa. Ilmu Psikologi pertama kali digunakan di akhir abad 15 oleh Marlo Marulic.
Ilmu Psikologi bukan hanya menjelaskan mengenai bagaimana perilaku seseorang, tetapi juga meneliti tentang alur pemikiran dan alasan yang ada di balik tindakan yang di lakukan oleh seseorang.
Ketika menjadi mahasiswa psikologi kita akan belajar tentang fisiologi manusia seperti anatomi, genetika, dan ilmu faal. Kita juga akan belajar ilmu-ilmu sosial seperti antropologi, sosiologi, filsafat, hingga kriminologi. Kita jg diajarkan tentang cabang ilmu psikologi, seperti psikologi konsumen, psikologi lingkungan, psikologi organisasi, dan psikologi kognitif. sumber
Bagi nawak-nawak yang berkeinginan masuk jurusan Psikologi tidak perlu khawatir mengenai prospek kerja atau peluang kerja bagi lulusan psikologi, karena lulusan psikologi dapat memasuki berbagai bidang pekerjaan. Meskipun kebanyakan memilih berkarir dalam bidang konseling atau sejenisnya. Sebut saja sebagai psikolog klinis sampai menjadi psikolog perusahaan, padahal lulusan psikologi juga dapat masuk dalam bidang pelaksanaan hukum, seperti dalam kesatuan polisi psikolog forensik banyak dibutuhkan untuk dapat mengerti pemikiran para kriminal.

Ahli psikologi diperlukan terutama dalam mengefisienkan dan mengefektifkan implementasi program-program pembangunan dan pemecahan-pemecahan praktis permasalahan di masyarakat secara lebih luas dan kompleks.

Meskipun kehadiran seorang lulusan psikologi tidak begitu mencolok di tengah-tengah masyarakat tetapi lulusan psikologi sudah pasti  akan memiliki jiwa sosial yang tinggi, dan juga memiliki tingkat kepedulian dengan porsi yang lebih banyak di bandingkan dengan yang lain, karena memang sudah tugasnya untuk memperhatikan seseorang. Ceileh.
Sebenarnya masih banyak lagi mengenai dunia psikologi, berhubung Sa masih belum mencicipi materi kuliah jadi sekian dulu deh untuk postingan kali ini. Akan di lanjut lain waktu. Terimakasih telah membaca nawak-nawak, sampai jumpa di postingan selanjutnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar